Hari ini bu guru mengajak kami semua untuk mengenal macam-macam profesi. Saat ditunjukkan tentang profesi dokter, tiba-tiba Philip mengangkat tangan sambil berkata Bu guru…. “pekerjaan papaku dokter gigi”. Terdengar suara Philip bercerita dengan semangat dan bangganya. Waktu ditanya cita-cita Philip apa? Jawabnya ingin menjadi dokter gigi yang hebat seperti papa. Pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua  Philip yaitu drg. Andrew Rawis untuk menjadi nara sumber  menyampaikan kepada siswa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, selain itu membekali dan mengajarkan pada anak sejak dini salah satu profesi yang membantu banyak orang.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Oktober 2023 Pk 10.30 – 11.30 di aula TK Kristen Petra 10. Siswa TK A dan B berkumpul bersama untuk belajar dan mendengarkan penjelasan yang disampaikan drg. Andrew Rawis. Kegiatan diawali dengan perkenalan, wah ternyata…… drg. Andrew Rawis dulu pernah bersekolah di TK Kristen Petra 10 juga lho. Hebat ya…..sekarang menjadi dokter gigi dapat membantu orang yang membutuhkan.

Setelah berkenalan, kami ditanya siapa yang rajin menggosok gigi? Sambil mengangkat tangan teman-teman menjawab saya……… Kemudian drg. Andrew menunjukkan alat ajaib yang selalu digunakan yaitu “kaca mulut” dan ditunjukkan kepada kami semua. Kami juga diperbolehkan untuk memegang dan melihat alat tersebut, selain itu dokter juga menunjukkan contoh gigi yang sehat, berwarna putih bersih, dan gigi yang berlubang kehitam-hitaman. Dokter Andrew Rawis memberi nasehat untuk membatasi makanan manis seperti permen, donat, coklat, ice cream dan rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur agar bersih dan sehat.

Dokter juga mengajarkan kepada kami cara menggosok gigi yang benar. Gigi bagian atas digerakkan dari atas ke bawah (gusi ke gigi) sebaliknya jika gigi bagian bawah sikat gigi digerakkan dari gusi ke gigi. Setelah semua gigi sudah hal terkahir yang dilakukan adalah menyikat lidah dari arah belakang ke depan. Dokter Andrew Rawis juga berpesan jika giginya anak-anak sudah ada yang goyang segera memberitahu mama atau papa agar diperiksa ke dokter gigi karena gigi yang goyang dapat terjadi karena gigi dewasa akan tumbuh menggantikan gigi anak-anak sekarang.

Setelah mendengarkan nasehat drg. Andrew Rawis kami juga praktek cara menggosok gigi yang benar dengan menggunakan Phamtom Gigi atau bentuk tiruan gigi. Wah seru sekali…… saat kami diberi kesempatan menggosok gigi yang benar dengan menggunakan phamtom gigi dan sikat gigi di depan.

Itulah teman-teman kegiatan kami bersama dengan drg. Andrew Rawis. Ayo……teman-teman rajin menggosok gigi ya…supaya sehat dan kuat.

Sampai jumpa lagi……pada cerita kami selanjutnya ya teman-teman……..

Loading